Indahnya Puncak Watu Ondo di Tuban yang Eksotis dan Menawan | WISATA TUBAN
Home » , » Indahnya Puncak Watu Ondo di Tuban yang Eksotis dan Menawan

Indahnya Puncak Watu Ondo di Tuban yang Eksotis dan Menawan


Tuban selain dikenal dengan Wisata Goa akbar yang berada di tengah kota, juga ternyata masih banyak goa-goa lainya seperti Goa Ngerong yang berada di kecamatan rengel yang beberapa kali masuk dalam acara televisi nasional. Selain Goa-goa tersebut juga masih banyak goa lainya, oleh karena itu tuban dijuluki dengan kota seribu Goa.
Watu Ondo di Tuban
Watu Ondo di Tuban : via www.facebook.com
Selain wisata Goa, wisata alam nuansa lainya juga terdapat di tuban. Watu Ondo warga sekitar menyebutnya. Dari namanya yaitu Watu yang berarti batu, dan Ondo dalam bahasa indonesianya berarti tangga. Watu Ondo berarti Tangga batu, dalam kenyataanya tangga disana bahanya dari kayu namun bersandar di bebatuan bukit. Namun ada juga tangga yang terbuat dari batu alami yang dapat anda temui di lokasi.


Watu Ondo memiliki nuansa alam yang indah sekaligus memacu andrenaline anda, untuk mencapai puncak bukit anda harus memanjat beberapa anak tangga yang bersentuhan dengan bebatuan bukit tersebut. Namun setelah anda sampai dipuncak maka akan terbayarkan dengan keindahan alam yang dapat anda nikmati di atas bukit watu ondo.

Watu ondo memiliki banyak keunikan, diantaranya yaitu terdapat 4 jenis tangga yang dapat anda uji untuk sampai dipuncak :
1.Ondo penanaman/Watu Planting. Merupakan Sebuah batang bambu yang diletakan diantara celah-celah batu dengan posisi vertikal.
2. Ondo Nyikut. Bentuk tangganya siku seperti lengan lebih mudah dilalui karena celahnya lebih lebar. Tangga ini terbuat dari kayu jati sehingga cukup aman untuk anda lewati.
3. Ondo Duwur. Disebut juga tangga yang tinggi. Ondo duwur tangganya terbuat dari kayu jati dengan panjang kurang lebih 20 meter untuk melewati Ondo Duwur anda harus hati-hati karena Ondo Duwur ini mempunyai sudut kemiringan antar lebih dari 45 Derajat. Jadi anda perlu tenaga yang cukup ekstra untuk melaluinya.
4. Ondo Endek. Dari katanya endek berarti pendek. Jadi untuk ondo endek ini tangga yang anda lalui cukup pendek, dengan begitu lebih bersahabat dan mudah untuk anda lalui.

Anda tinggal memilih diantara 4 jaur tersebut untuk mencapai puncak. Atau anda juga dapat mencoba satu-persatu dari ke-4 jenis tangga tersebut. Semua tergantung pada pilihan dan keinginan anda. Yang pasti sepanjang perjalanan dan sesampai puncak udara yang segar dan alami bebas polusi dapat anda rasakan. Keindahan alam sekeliling yang dapat menyejukkan mata serta fikiran anda.
Dimana Letak Watu Ondo Tuban ?..
Watu Ondo terletak di daerah kecamatan Semanding dan berjarak sekitar 8 km ke tenggara dari pusat kota Tuban. Lokasi Watu Ondo merupakan jalur lalu lintas antara Dusun Mbogor dengan Dusun Ngendut dan Dusun Secang dengan Dusun Mondokan. Jadi waktu anda mau kesana cobalah bertanya ke warga sekitar yang berada diantara dusun tersebut.

Tak jauh dari lokasi terdapat juga terdapat wisata pemandian bertaraf nasional, Wisata Pemandian bektiharjo orang-orang mengenalnya. Apabila anda dari pusat kota dapat menggunakan jalur dari wisata bektiharjo, Lokasinya searah kurang lebih 5 KM. Untuk lokasi watu ondo dari kota memang tidak ada penunjuk khusus, namun untuk pemandian bektiharjo ada papan penunjuk arah dari jalan raya tuban-semarang. Jadi kalo anda dari pusat kota lewatlah jalur jalan selatan dan fokus cari penunjuk arah wisata pemandian bektiharjo. Setelah sampai disana anda dapat bertanya warga sekitar dan meneruskan perjalanan menuju lokasi watu ondo.

Untuk dapat menikmati puncak dari bukit watu ondo untuk saat tulisan ini dibuat anda tidak dikenakan biaya/tiket masuk. Secara gratis anda dapat menikmati eksotisme alam yang masih asri. Untuk anda yang menggunakan kendaraan bermotor dapat anda parkir ke warga yang bermukim disekitar lokasi. Atau anda juga dapat membawa langsung ke tempat lokasi.

Masih disekitar kecamatan semanding juga terdapat sebuah bukit yang tak kalah unik, namanya yaitu Goa Kancing . Setelah anda dari watu ondo anda dapat mampir ke tempat eksotisme alam berikutnya ini. Selain itu di sekitar tuban juga terdapat wisata nuansa alam yang tak kalah menarik namanya Goa Suci. Simak info selengkapnya Keunikan Goa Suci di Tuban Yang Patut Anda Kunjungi

Masukan email Anda untuk Dapatkan Update terbaru dari WISATA TUBAN.Gratis!
Thanks for reading Indahnya Puncak Watu Ondo di Tuban yang Eksotis dan Menawan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

1 komentar: